Danlantamal VIII Buka Sidang Ketua Komite Perbatasan Indonesia-Filipina Ke-39




MediaSulut.Com - Manado, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka, CHRMP., selaku Wakil Ketua Komite Perbatasan Indonesia membuka pelaksanaan Sidang Ketua Komite Perbatasan Indonesia-Filipina ke-39 Tahun 2022 di Gedung Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Lantamal VIII, Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru Paal Dua, Manado. Selasa (22/11)


Sidang Ketua Komite Perbatasan Indonesia-Filipina saat ini merupakan sidang yang ke-39 dan bertindak selaku tuan rumah Komite Perbatasan Indonesia. Kegiatan ini lakukan secara virtual antara delegasi Indonesia dengan delegasi Filipina melalui video converence, untuk delegasi Indonesia pelaksanaan di Mako Lantamal VIII dan delegasi Filipina di Eastern Mindanao Command. Dalam sidang tersebut nantinya akan membahas beberapa hal diantaranya Bidang Patroli dan Komunikasi, Bidang Intelijen dan Bidang Manajemen Lintas Batas.


Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut antara lain mengatakan bahwa kegiatan ini membahas permasalahan dan tantangan khususnya di wilayah perbatasan dalam rangka menjaga stabilitas sebagai negara tetangga yang memiliki budaya dan kepentingan yang sama. Stabilitas di wilayah perbatasan merupakan tanggung jawab kedua negara untuk memastikan keamanan warga negara dan mencegah ancaman terhadap keamanan nasional, ujarnya.


Rapat yang akan dilaksanakan selama dua hari pada 22-23 November 2022 tersebut sejalan dengan salah satu perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yakni jalin soliditas, dengan segenap komponen pertahan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.


Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Konsulat Jenderal Republik Filipina di Manado Han Angelica C. Escalona, Danguskamla Koarmada II Laksma TNI I Gung Putu Alit Jaya, S.H., M.Si., Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M.


Cleen

Lebih baru Lebih lama