Pemerintah Pastikan Ketersediaan Bapok, Ini Kata Mewengkang

 


MediaSulut.Com – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Daniel Mewengkang menanggapi terkait ketersediaan bahan pokok menjelang pelaksanaan natal dan tahun baru 2023 di Provinsi Sulut.


“Ketersediaan bahan pokok di Bulog hingga 6 bulan ke depan dipastikan aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir adanya kenaikan harga bahan pokok menjelang natal dan tahun baru 2023,” kata Daniel Mewengkang pada saat dilakukan wawancara di kantor dinasnya pada hari senin (21/11).


Walaupun beberapa bahan pokok seperti bawang, tomat dan cabai terkadang meningkat, hal ini dikarenakan faktor cuaca yang tidak mendukung sehingga menghambat produksi. 


“Di musim penghujan memang cabai, bawang sama tomat mengalami kendala dalam produksinya” jelas Mewengkang.


Terkait adanya dugaan penimbunan alias mafia pangan dirinya menegaskan akan menindak tegas hingga keranah hukum jika ketahuan melakukan aksi tersebut.


“Segala jenis penimbunan bapok, modus kejahatan pangan, dan lain-lain kita tangkap oknumnya dan kita tindak secara tegas,” ucap Mewengkang.


Pihaknya selalu melakukan pemantauan terhadap PD Pasar yang ada di Kota Manado untuk menjamin kestabilan harga sehingga menyejahterakan masyarakat.


Dirinya menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir apabila harga bapok akan mengalami kenaikan ataupun terjadi kelangkaan  menjelang perayaan natal dan tahun baru 2023, karena pihaknya sudah menjamin untuk 6 bulan ke depan ketersediaan bapok serta pemantauan fluktuasi harga pasar.   


Enggar

Lebih baru Lebih lama