Header Ads


 

Danlantamal VII Pimpin Penyambutan KRI Bima Suci-945 LATTEK KJK Taruna AAL Aangkatan Ke 67 TA. 2020

Nasional, MediaSulut.Com - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., memimpin langsung penyambutan kedatangan KRI Bima Suci-945 dalam rangka Latihan Praktek (Lattek) Kartika Jala Krida (KJK) Taruna AAL Angkatan KE-67 TA. 2020, bertempat di Dermaga Mako Lantamal VII, Jalan Supul Raya, Bolok, Kota Kupang, Prov. NTT. Sabtu. (26/12/20).

Pelayaran Taruna dan Taruni AAL Angkatan 67 pada Latihan Praktek Kartika Jala Krida (Lattek KJK) tahun ini dengan menggunakan KRI Bima Suci-945 telah berlangsung dari tanggal 14 September 2020 dan sudah menyinggahi 10 kota pelabuhan dalam rute perjalanan keliling Indonesia diantaranya : Surabaya, Lampung, Sabang, Belawan, Tanjung Pinang, Ranai, Tarakan, Miangas, Sorong, Tual dan sekarang sedang berada di Kupang yang kemudian akan kembali ke Pangkalan Surabaya. 

Adapun rangkaian kegiatan penyambutan KRI Bima Suci-945 yang membawa Satgas Lattek Kartika Jala Krida Taruna/Taruni AAL Angkatan 67 TA 2020 dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, dimana untuk tamu undangan dilaksanakan pemeriksaan swab test antigen, menggunakan masker, menjaga jarak, disediakan tempat cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer tersebut diawali dengan sailling pass unsur-unsur Lantamal VII bersama kapal-kapal stake holder maritim di wilayah Kupang dan gapura air serta disambut merplug prajurit Lantamal VII. Setelah sandar dilaksanakan acara wellcome ceremony dengan tarian penyambutan Lady Tua dan pengalungan kain tenun khas NTT oleh Danlantamal VII bersama Forkopimda NTT kepada Komandan KRI Bima Suci-945 Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Opsla., Palaklat Lattek Kartika Jala Krida Letkol Laut (P) Arisdiyanto dan perwakilan Taruna/Taruni AAL Angkatan 67 TA. 2020.

Dalam sambutannya Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Flobamorata (Nusa Terindah Toleransinya) dan selamat Hari Raya Natal dan menyongsong Tahun Baru 2021 kepada Komandan beserta ABK KRI Bima Suci-945, Para Taruna dan Taruni AAL Tingkat III Angkatan Ke-67. "Pelaksanaan pelayaran KJK kali ini dilakukan di dalam negeri, karena adanya Pandemi COVID-19, sehingga pelaksanaannyapun dengan berbagai pembatasan dan disiplin protokol kesehatan yang ketat, walaupun demikian sasaran yang akan dicapai pada tahap latihan ini harus menjadi prioritas utama dengan memberikan bekal pengetahuan dan kecakapan dasar Operasi Laut agar para Taruna mampu mempraktekkan peran-peran di KRI, menerapkan tugas Asisten Perwira Jaga Darat dan Laut serta mampu menjelaskan peran, fungsi dan tanggung jawab Departemen sesuai Korps. Serta untuk membentuk mental kejuangan dan karakter Prajurit Matra Laut yang nantinya akan menjadi bekal dalam menghadapi tantangan dan dinamika perkembangan dalam medan tugas saat menjadi seorang Perwira TNI Angkatan Laut kedepan"'Ujar Danlantamal VII Laksama Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP.

"Terdapat 1 (satu) orang Taruna perwakilan putra terbaik dari NTT dari 82 orang Taruna dan Taruni yang mengikuti Lattek KJK pada saat ini yaitu Sermadatar Tri Esthi Fitrananda. Diharapkan dengan adanya perwakilan putra daerah NTT dapat menambahkan minat dan membawa ketertarikan elemen masyarakat untuk mengenal lebih dekat calon-calon Perwira TNI Angkatan Laut. Sekaligus sebagai media promosi di daerah-daerah yang disinggahi, hal ini untuk menunjukkan kepada masyarakat dan putera daerah setempat tentang keberadaan TNI AL khususnya Akademi Angkatan Laut (AAL), yang senantiasa ikut berperan aktif dalam menyelenggarakan pendidikan  bagi calon perwira TNI AL di masa yang akan datang, sehingga diharapkan akan memberikan kesan positif yang pada akhirnya nanti para generasi muda indonesia khususnya di NTT akan tertarik untuk menjadi Taruna/Taruni AAL"', lanjut Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP. 

Selesai kegiatan penyambutan dilanjutkan dengan foto bersama, door stop, penyerahan bantuan APD dari Komandan KRI Bima Suci-945 kepada Danlantamal VII, open ship terbatas dan display Genderang Seruling Gita Jala Taruna AAL Angkatan 67 secara live streaming di lapangan Apel Mako Lantamal VII.

Turut hadir dalam Penyambutan kedatangan Lattek Kartika Jala Krida (KJK) Taruna AAL Angkatan KE-67 TA. 2020 : Setda Prov. NTT, Kabid Tik Polda NTT, Dandim 1605/Kupang, Kabag TU Kajati NTT, Kabagdukops Binda NTT, Kalanti NTT, Kadisops Lanud El Tari, Wadan Lantamal VII, Para Asisten Danlantamal VII, Ka Kuwil Lantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Para Kasatker Lantamal VII, Danyonmarhanlan VII, Danlanudal Kupang, Ketua Korcab VII DJA II bersama pengurus Korcab VII DJA II dan seluruh prajurit serta PNS Mako Lantamal VI

TS

No comments

Powered by Blogger.