Optimis Kedepannya Pasar Rakyat Di Minsel Dapat Meraih Penghargaan


CEP hadiri peresmian dan pemberian penghargaan pasar rakyat serta rapat kerja kementerian perdagangan

Minahasa Selatan, MediaSulut.Com - Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) didampingi Kadis Perindag Adrian Sumuweng, berkesempatan menghadiri peresmian dan pemberian penghargaan pasar rakyat serta rapat kerja kementerian perdagangan 2019 (12/03/2019)

Acara yang diselenggarakan di ICE BSD Tanggerang, Banten tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sekira 600 pasar rakyat diresmikan Presiden Jokowi dalam kesempatan itu.

CEP hadiri peresmian dan pemberian penghargaan pasar rakyat serta rapat kerja kementerian perdagangan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito mengungkapkan, Indonesia mengalami keberhasilan stabilitas bahan pokok yang telah dilakukan Kemendag. Terdata, pada 2015 hingga 2018, setidaknya sudah terbangun dan terevitalisasi pasar rakyat sebanyak 4.211 unit.

CEP hadiri peresmian dan pemberian penghargaan pasar rakyat serta rapat kerja kementerian perdagangan

Hingga akhir 2019, ditargetkan total pasar yang dibangun dan direvitalisasi mencapai 5.248 unit pasar rakyat. Adapun total anggaran yang diperlukan pembangunan semua pasar rakyat ini mencapai Rp 12,47 triliun.

"Kemendag berhasil menjaga stabilitas pokok yang mana inflasi tahun 2018 sebesar 3,13 persen. Ini langsung dipimpin oleh bapak presiden dan kerja keras para bupati dan gubernur, serta pasar untuk memastikan ketersediaan pangan dalam harga terjangkau. Saya ucapkan terima kasih kepada semuanya," ujar Enggar dalam sambutannya.

Presiden Jokowi hadiri peresmian dan pemberian penghargaan pasar rakyat serta rapat kerja kementerian perdagangan

Menanggapi hal tersebut, Jokowi pun turut mengapresiasi, namun Jokowi berpesan agar pasar rakyat dapat turut serta membangun marketplace berupa ekosistem online. "Dari apa yang saya dengar kita sekarang kalah dengan online. Saya minta kemendag mulai membangun, ekosistem online, tapi juga tetap memperbaiki ekosistem offlinenya. Sehingga pasar rakyat memiliki marketplace platform untuk menyiapkan diri menuju era digital," pesan Jokowi.

Bupati CEP Bersama Menteri

Sementara itu, Bupati CEP dalam kesempatan tersebut turut optimis kedepannya pasar rakyat di Minsel dapat meraih penghargaan. "Perkembangan pasar rakyat di Minsel begitu pesat. Pembangunan pasar-pasar di desa-desa juga tak kalah berkembang. Untuk itu diharapkan kedepannya pasar di Minsel bisa meraih penghargaan dari kementerian," pungkasnya.


Cleen

Lebih baru Lebih lama