Header Ads

Lava Gunung Karangetang Sasar Aliran Sungai Dekat Pemukiman Warga Batubulan-Kawahang

 Lava Gunung Karangetang Sasar Aliran Sungai Dekat Pemukiman Warga Batubulan-Kawahang
Awan panas akibat lava, di area kampung Batubulan. 
SITARO, MediaSulut.Com - Gunung Karangetang Siau menyemburkan lava pijar sampai ke kampung Batubulan kecamatan Siau Barat Utara ( Sibarut ).

Pantauan kami awak media sabtu (02/01/2019), titik lokasi lava sekitar 300-500 meter dari  jalan raya yang  menghubungkan kampung Batubulan-Kawahang.

Pasca kejadian ini pemerintah setempat, pemerintah kampung Batubulan, Kawahang, dan pemerintah kecamatan Siau Barat Utara, melakukan penanganan darurat dengan mengevakuasi sejumlah warga yang tempat tinggalnya tepat di pinggir aliran sungai yang disasar lava.

Berdasarkan data dari pemerintah kecamatan, hingga petang tadi dari kampung Batubulan sebanyak 6 keluarga yang terdiri dari 22 orang total  yang diungsikan.

Sedangkan dikampung Kawahang sebanyak 10 keluarga dengan jumlah 31 orang. Dalam wawancara dengan pimpinan kecamatan Sibarut, Katherine Lukas SE yang tiba di lokasi sekitar pukul 13.00,   menerangkan sesuai tuturan warga yang dievakuasi, kejadiannya pagi sekitar pukul 9.

Beruntung kejadian ini tidak memakan korban. Namun sampai saat ini oleh pihak keamanan, gabungan TNI-POLRI tidak diperbolehkan seorangpun untuk melintasi area yang aliran sungai Malabuhe yang menjadi sasaran lava. Sebab awan beracun (awan panas) akibat longsoran lava sangatlah berbahaya dan mematikan.

Hingga berita ini dirilis, penanganan dan penanggulangan kebutuhan pengungsi oleh pemerintah daerah kabupaten Sitaro sudah sampai di lokasi pengungsian.

Penulis: Edwin Bawole

No comments

Powered by Blogger.