Header Ads

Kepala PVMBG Kementrian ESDM, Sambangi Sitaro

 Kepala PVMBG Kementrian ESDM, Sambangi Sitaro
Kasbani dampingi kepala BPBD Sitaro saat Konfrensi Pers. 
SITARO, MediaSulut.Com - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ir. Kasbani Msc,melakukan kunjungan kerja di kabupaten Sitaro terkait dengan bencana erupsi gunung karangetang yang tingkat aktivitasnya hingga saat ini berstatus level III (siaga). Usai disambut dan berkomunikasi dengan bupati Evangelian Sasingen, Kamis (14/02/2019), oleh tim tanggap darurat bidang humas, Kasbani didampingi kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Bob Waten melakukan konfrensi pers di posko tanggap darurat audiotorium kantor bupati, Ondong.

Keberadaan kampung Batubulan untuk radius 350 meter dari kali Batuare dan 450 meter dari kali Batukore, adalah radius aman.

Sementara dengan guguran lava yang sudah diperairan laut Batubulan, dituturkannya hal itu tidak terlalu mengkhawatirkan.

"Guguran lava di perairan laut, tidak perlu dikhawatirkan. Sebab perkembangan untuk potensi-potensi lain seperti sunami indikatornya bisa terdeteksi seperti adanya penigkatan gempa. Sampai saat ini tidak ada indikasi yang mengarah kesitu." terang Kasbani.

Tambahnya, yang sering terjadi gempa kecil itu dipicu oleh magma yang keluar ke permukaan kawah gunung.

"Menanggapi pertanyaan insan pers,Kasbani menjelaskan sangat kecil potensi aliran lava yang mengarah ke alur sungai kering lain dekat kali Malabuhe yang menjadi sasaran lava," tandasnya. 

Penulis: Edwin Bawole

No comments

Powered by Blogger.