Header Ads

Make Image responsive

Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka HUT Ke 16 Tahun Kabupaten Minahasa Selatan


Minahasa Selatan, MediaSulut.Com Dewan Perwakilan Rakyat menyelenggarakan sidang Paripurna dalam rangka Perayaan Hari Jadi Kabupaten Minahasa Selatan Ke-16 (28/01/2019)

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Jenny Johana Tumbuan, SE didampingi oleh Wakil Ketua Rommy Pondaag, SH, MH "mengapresiasi kepada Gubernur Olly Dondokambey SE, dan Wakil Gubernur Steven O. E Kandouw yang memiliki gagasan cemerlang dalam membangun dan memajukan Provinsi Sulut sehingga bisa dikenal sampai keluar negeri. Begitu juga dengan terobosan yang dilakukan Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE dan Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar, SH dalam membangun dan memajukan Kabupaten Minahasa Selatan sehingga lebih dikenal. Olehnya berharap diusia Ke-16 ini, Kabupaten Minahasa Selatan akan terus maju serta diberkati," ucapnya.

Bupati Dr. Christiany Eugenia Paruntu, SE menyampaikan, "bahwa terbentuknya Kabupaten Minahasa Selatan atas perjuangan dan kerja keras sehingga bisa menjadi daerah yang otonom. Dirinya juga menyampaikan, bahwa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, akan mengintropeksi hal-hal yang baik untuk menatap masa depan yang cemerlang, demi terwujudnya Kabupaten Minahasa Selatan hebat, terdepan dan memiliki daya saing yang kuat."jelasnya

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan bahwa "peningkatan ekonomi Minahasa Selatan dapat dilihat antara lain melalui :
1) Peningkatan PDRB atas dasar harga berlaku dari 6,67 triliun di tahun 2016 menjadi 7,34 triliun di tahun 2017
2) Pertumbuhan ekonomi yang naik menjadi sebesar 6,54 % di tahun 2017 dari tahun sebelumnya yang hanya 5,10%
3) Peningkatan indeks pembangunan manusia dari 69,97% tahun 2016 naik menjadi 70,05% di tahun 2017
4) Penurunan angka kemiskinan dari 9,92% di tahun 2016 menjadi 9,78% di tahun 2017," paparnya.

Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Mohamad Ruddy Mokoginta, SE, M.Si mengucapkan "banyak selamat atas usia Kabupaten Minahasa Selatan ke-16. Kiranya lewat momentum bersejarah ini, Kabupaten Minahasa Selatan akan lebih hebat dan terdepan serta terus diberkati oleh Tuhan," ucapnya.

"guna optimalnya rintisan karya yang sedang diupayakan di Kabupaten Minahasa Selatan ini mengajak pemerintah dan segenap stake holder pembangunan, bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pusat yakni dengan terus mendukung suksesnya beberapa program prioritas proyek strategis nasional di bumi nyiur melambai ini, utamanya 10 prioritas pembangunan :
1) penanggulangan kemiskinan dan pengangguran
2) pembangunan pendidikan
3) pembangunan kesehatan
4) revolusi mental dan reformasi
5) birokrasi infrastruktur dan
6) pengembangan wilayah termasuk wilayah perbatasan
7) kedaulatan pangan
8) trantibmas dan sukses Pemilu presiden dan legislatif
9) peningkatan daya saing investasi pembangunan pariwisata
10) pengelolaan bencana dan mitigasi iklim. Serta pencapaian visi dan misi pembangunan jangka menengah Provinsi Sulawesi Utara utamanya program operasi daerah selesaikan kemiskinan (ODSK), pembangunan di sektor pariwisata dan sektor pertanian,"tandasnya

Rapat Paripurna dihadiri juga oleh  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Mohamad Ruddy Mokoginta mewakili Gubernur Sulut, Bupati- Walikota/Perwakilan Kab. Kota, Mantan Bupati Minahasa Selatan, Anggota DPD RI Stevanus BAN Liow, Unsur Forkopimda, Sekdakab, Pejabat Esalon II dan III, Komisioner KPU/Bawaslu, Toga, Todat, Tomas, LVRI, Camat Kumtua serta undangan lainnya.

Cleen

No comments

Powered by Blogger.