Header Ads

Eratkan Persaudaraan Sesama, Kicau Bandaran Gelar Iven Latpres

Iven Latber Kicau Mania Bandara Manado BC beberapa waktu lalu. 
MANADO, MediaSulut.Com - Berawal dari kecintaan yang sama terhadap burung kicau yang memiliki keindahan pada warna dan suaranya, Komunitas Kicau Bandara Manado BC, Minggu (23/04/2017) hari ini menggelar Latihan Prestasi (Latpres) persahabatan guna mempererat tali persaudaraan dan silaturrahmi sesama kicau mania yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) umumnya dan Kota Manado Khususnya.

Sebagaimana dijelaskan Ketua Kicau Mania Manado BC Angga Afrianto, dengan digelarnya Latpres Persahabatan ini akan menjadikan kekerabatan antar pemilik burung kucau dari berbagai jenis ini semakin solid.

"Meski profesi kami berbeda, meski usia kami tak sama, meski angan kita tak serupa, tapi hobi kita tetaplah sama. Meskipun ajang latpres kali ini besar, namun pada intinya bukan siapa yang terbaik dan paling baik. Namun, mari jadikan ajang ini sebagai wadah mempererat tali persaudaraan sesama kicau mania," jelas Afrianto yang dikenal sudah malang melintang dalam dunia per'kicauan' di tanah nyiur melambai.

Dia pun menambahkan, dalam ajang kali ini akan dipertandingkan beberapa kategori yang umumnya hadir di Sulut.

"Diantaranya kelas Garuda Air yang didalamnya ada Murai Batu, Cucak Ijo dan Lovebird. Kelas berikutnya Lion Air seperti Kenari, Kacer dan Pleci bebas. Adapun kelas terakhir yakni kelas Sriwijaya Air yang mmpertandingkan Pleci krpala hitam yang merupakan salah satu jenis burung asal Manado. Tapi kembali lagi, bukan pada kelas atau kategori yang akan menjadi tujuan kami dan para pecinta burung kicau. Tapi pada persaudaraan dan kebersamaan kami," rincinya.

Senada, Aji Utomo salah satu pecinta dan penghobi burung kicau di Sulut menilai, dengan semakin banyaknya agenda lomba kicau burung akan menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah ini.

"Ya, paradigma tentang burung berkicau di Indonesia memang lebih terdengar dari tanah Jawa. Dan itu menjadi nilai jual tersendiri bagi daerah tersebut. Bukan tidak mungkin, dengan adanya iven-iven seperti ini akan menambah nilai jual Sulut dari berbagai sisi. Apalagi, dalam beberapa iven kicau burung sebelumnya menyedot penonton yang banyak dari berbagai kalangan, usia bahkan penonton dari luar negri. Ini bisa meningkatkan pariwisata daerah ini," tutur dia.

Adapun harapan dari pecinta burung kicau yang masih berstatus mahasiswa dari perguruan tinggi swasta ini berharap, akan semakin banyak iven yang digelar dan akan ada campur tangan dari pemerintah.

"Biar kegiatannya semakin menarik dan bisa menjadi iven rutin sehingga menimbulkan para kicau mania yang semakin erat dalam persaudaraan dan semakin kompetitif dalam perlombaan," harapnya.

Penulis: Redaksi

No comments

Powered by Blogger.