Header Ads

Donald Trump Resmi Presiden AS ke-45

Laporan : Jerry Massie

Donald Trump. 
WASHINGTON, MediaSulut.Com - Usai membacakan sumpahnya di Washington DC, Jumat (20/1/2017) terpilih Amerika Serikat Donald Trump dan Mike Pence, maka keduanya resmi menjadi presiden AS ke-45.

Seperti pelantikan presiden Amerika terdahulu, dipandu oleh Hakim Agung Jhon J Roberta Jr, Trump membacakan sumpah jabatannya dihadapan jutaan pasang mata yang menyaksikan pesta inagurasi tersebut..

Ada sisi menarik yakni istri Trump, Melania, taipan properti tersohor ini mengangkat tangan kanannya, sedangkan tangan kirinya ditumpangkan di atas kitab suci yang dipegang sang istri. Dia menggunakan dua buah Alkitab, satu miliknya sendiri dan satu lainnya adalah milik Abraham Lincoln.

"Ikuti semua perkataan saya," ujar hakim agung John J Roberts Jr.

Trump kemudian menirukan kata demi kata yang diucapkan sang hakim hingga kata terakhir.

"Saya, Donald John Trump, bersumpah bahwa saya akan menjalankan jabatan saya sebagai presiden Amerika Serikat, dan dengan seluruh kemampuan saya melestarikan, melindungi, dan mempertahankan konstitusi Amerika Serikat. Tuhan bantulah saya," kata Trump.
Di penghujung pembacaan sumpah, hakim Roberts langsung memberikan selamat.

Usai membacakan sumpahnya, Trump kemudian mencium sang istri lalu memeluk anak-anak dan anggota keluarganya yang berada di panggung kehormatan.

Trump kemudian menyalami pendahulunya Barack Obama, mantan wapres Joe Biden, serta sejumlah undangan lainnya.

Beberapa menit sebelumnya, wakil presiden terpilih Mike Pence juga mengucapkan sumpah jabatannya.

Sedangkan anak Billy Graham penasehat spiritual sejumlah presiden AS yakni Franklin Graham dipercayakan sebagai  salah satu rohaniawan yang ikut mendoakan presiden baru Amerika Serikat. 

Sementara sejumlah mantan presiden Amerika nampak hadir diantaranya; Jimmy Carter bersama istri, George W Bush, bahkan Bill Clinton pun ikut dalam acara Presidential Inauguration ditemani sang istri Hillary Clinton lawan Donald Trump pada pilpres November lalu.

No comments

Powered by Blogger.