Dibuka Menko, Puan Maharani, Wabup Hadiri CSS XVI 2016

ACEH, MediaSulut.Com - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani City Sanitation Summit (CSS) XVI tahun 2016 yang digelar oleh Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) dihadiri Wakil Bupati Minahasa, Ivan SJ Sarundajang di AAC Dayan Dawood Darussalam Banda Aceh, Provinsi DI Aceh pada Kamis (24/11/2016).

Menko, Puan Maharani mengatakan bahwa air minum dan sanitasi merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat penting untuk membangun manusia yang sehat.

"Apa yang dilakukan oleh para Bupati dan Walikota dengan mengkonverensikan terkait sanitasi itu, selaras dengan gerakan hidup sehat sebagai upaya bersama untuk hidup bersih dan sehat," kata Menko.

Diharapkan Menko Puan, City Sanitation Summit yang merupakan agenda tahunan para Bupati dan Walikota yang tergabung dalam AKKOPSI ini akan dapat mengkonverensikan persoalan sanitasi sebagai sebuah upaya preventif kesehatan.

Sementara Ketua Umum AKKOPSI Rizal Effendy menegaskan bahwa seluruh Kabupaten dan Kota yang tergabung dalam organisasi, berkomitmen menyelesaikan segala persoalan sanitasi di wilayahnya.

“Walau sibuk dengan pilkada, kita harus sepakat masalah sanitasi tetap kita selesaikan,” ujar Rizal.

Pimpinan daerah lanjutnya,  harus berkomitmen mendukung target universal pemerintah agar terpenenuhinya kebutuhan sanitasi dan air bersih bagi masyarakat tahun 2019.

"Terget besar tersebut adalah kewajiban pemerintah untuk menyediakan layanan dasar untuk air minum dan sanitasi bagi seluruh warga negara 100 persen air minum, 0 persen permukiman kumuh dan 100 persen sanitasi di tahun 2019," ujar pejabat Walikota Balikpapan.

Gubernur Aceh, Ketua Umum AKKOPSI HM Rizal Effendi, Walikota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal, para Bupati dan Walikota se-Indonesia dan pejabat terkait turut hadir pada pelaksanaan tersebut.

Penulis: Vendry Karamoy
Lebih baru Lebih lama