Header Ads

Wow! Ternyata 3 Pemain Timnas Portugal Lahir di Prancis!

Paris - Bek kiri timnas Portugal, Raphael Guerreiro, adalah satu dari tiga anggota skuat timnas Portugal yang akan menghadapi negara kelahirannya, Prancis, pada final Piala Eropa 2016, Senin dini hari WIB, 11 Juli 2016.

Selain Guerreiro, kiper Anthony Lopes dan gelandang Adrien Silva merupakan pesepakbola yang lahir dan besar di Prancis. Adrien Silva bahkan menetap di Prancis sampai berusia 12 tahun kemudian baru kembali ke Portugal bersama sanak keluarganya.

"Saya memilih Portugal. Itu keputusan saya secara eksklusif. Keluarga maupun agen pernah mencoba mengubah pikiran saya," kata Guerreiro, yang akan memperkuat raksasa Jerman Borussia Dortmund musim depan seperti dilansir AFP, Sabtu, 9 Juli 2016.

Guerreiro lahir di Le Blanc Mesnil, sebuah tempat di pinggiran kota Paris yang tidak jauh dari Stade de France—stadion tempat final Piala Eropa� 2016 akan dihelat.


Sebagai putra dari seorang fans klub Portugal, Benfica, Guerreiro pernah bergabung dengan Paul Pogba saat berusia 12 tahun di akademi nasional Prancis di Clairefontaine.

Lain kisah dengan gelandang Sporting Lisbon, Adrien Silva. Pemain 27 tahun ini tidak tampil di babak penyisihan grup tetapi selalu bermain di tiga laga fase knock out.

Silva lahir di Angouleme, Prancis, dan dibesarkan dekat kota Bordeaux bersama Mathieu Valbuena, seorang playmaker yang tidak ikut serta bersama timnas Prancis untuk Piala Eropa.

"Orang tua kami bermain di tim yang sama dan kakak saya Jeremy, Mathieu dan saya masuk dalam pembinaan pemain muda di Bordeaux," kata Silva yang bergabung Sporting Lisbon pada usia 13 tahun.

Silva dan Guerreiro memiliki ayah orang Portugal dan ibu berdarah Prancis.

Pada Oktober 2014, Silva masuk skuat Portugal pada laga persahabatan di Stade de France yang dimenangi Prancis dengan skor 2-1.

"Saya menyanyikan lagu kebangsaan Portugal, tetapi ketika lagu kebangsaan Prancis dinyanyikan, kata-kata 'La Marseillaise' melintas di kepala saya," kata dia.

Anthony Lopes adalah pemain Portugal ketiga yang memiliki darah Prancis dari ibunya.

Ia memang tidak tampil sebagai pemain utama Portugal, namun Lopes punya banyak penggemar di Prancis karena menjadi salah satu kiper terbaik di Liga Prancis bersama klub Olympique Lyonnais (Lyon).

Anthony Lopes yang mengidolakan kiper legendaris Vitor Baia merupakan anak dari imigran Portugal. Ia lahir di Givors, dekat kota Lyon, dan masuk akademi Lyon pada usia sembilan tahun dan masuk tim utama pada 2012.

Federasi Sepak Bola Portugal melihat bakatnya dan melibatkan Lopes pada skuat Portugal U-17 pada 2007 dan tampil pada enam laga.

Anthony Lopes kemungkinan tetap akan menjadi cadangan untuk kiper utama Rui Patricio di timnas Portugal pada laga final di tanah kelahirannya.

Sumber : ANTARA

No comments

Powered by Blogger.