Danlantamal VIII Pimpin Upacara Peringatan HUT TNI AL KE-76

Manado, MediaSulut.Com - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII melaksanakan upacara dalam rangka peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut Ke-76 Tahun 2021. Upacara yang dipimpin Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya tersebut berlangsung di Lapangan Mako Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Paal Dua, Manado. Jumat (10/9).

Peringatan hari ulang tahun TNI Angkatan Laut merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kepada bangsa dan negara. TNI Angkatan Laut lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya S.E., CFrA antara lain menyampaikan bahwa pada sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah  dalam  penanggulangan  covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Oleh karena itu menurut Kasal tepat kiranya tema yang diangkat pada peringatan hari jadi ke-76 TNI Angkatan Laut tahun ini yaitu, “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Lebih lanjut pimpinan TNI AL tersebut menyampaikan meskipun di tengah pandemi covid-19, dengan lengan baju tersingsing prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari. Kekuatan laut yang bertumpu pada Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) terdiri dari kapal perang, pesawat udara dan pasukan korps Marinir TNI Angkatan Laut serta pangkalan tersebar dan akan selalu siap siaga di seluruh wilayah perairan nusantara, di perbatasan laut, di pulau-pulau terluar, di atas cakrawala biru, bahkan di daerah operasi perdamaian di bawah bendera PBB.

Jiwa raga kalian hanya untuk mempertahankan kedaulatan negara. Setiap hembusan nafas kalian harus berupa pengabdian. tanamkan  semangat  juang dalam hati kalian untuk meraih kejayaan angkatan laut “Jalesveva Jayamahe”, pungkas Kasal mengakhiri amanatnya.

Usai pelaksanaan upacara, Lantamal VIII menggelar acara syukuran di ruang serbaguna dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada prajurit tertua dan termuda di Mako Lantamal VIII. Acara yang dihadiri Ketua Kordinator Cabang (Korcab) VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Tirta I Wayan Ariwijaya antara lain diisi dengan pembacaan doa syukur atas karunia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga TNI Angkatan Laut sampai hari ini masih terus dapat mengabdikan diri dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Pada upacara peringatan HUT TNI Angkatan Laut Ke-76 dan syakuran tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Mako Lantamal VIII.

Hadir pada kegiatan tersebut Wadan Lantamal VIII, Para Asisten Danlantamal VIII, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja yang berada di Lantamal VIII serta Pengurus Korcab VIII DJA II.

Cleen 

Lebih baru Lebih lama