Header Ads


 

TNI AL Habiskan 600 Dosis Vaksin Dalam Serbuan Di Empat Desa Pesisir

Minahasa Utara, MediaSulut.Com - TNI AL berhasil menghabiskan 600 dosis vaksin Covid-19 Biofarma dan AstraZeneca untuk diberikan kepada masyarakat desa pesisir dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim yang di gelar selama tiga hari di Kepulauan Talise, Likupang, Minahasa Utara. Rabu (30/6).

Serbuan vaksinasi masyarakat maritim tersebut dilakukan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII dalam rangka membantu program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 sekaligus melaksanakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Serbuan vaksinasi yang di gelar Lantamal VIII selama tiga hari sejak tanggal 28, 29 dan 30 Juni 2021 melibatkan tenaga kesehatan dan vaksinator dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII dan Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara. Sejak hari pertama pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 sampai hari terkahir, tidak ditemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Serbuan hari pertama vaksinasi Covid-19 berlangsung di Desa Gangga Dua yang berhasil memberikan vaksin kepada 120 orang dan untuk pelaksanaan hari kedua serbuan vaksinasi Covid-19 berlangsung di Desa Kinabuhutan dan berhasil memberikan vaksin kepada 350 orang. Sementara untuk serbuan vaksin hari ketiga berlangsung di Desa Airbanua dan Desa Wawunian berhasil memberikan vaksin kepada 130 orang.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., saat melakukan peninjauan jalannya proses vaksinasi menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Tedong Selar II-VIII-28, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan program pemerintah untuk memberikan satu juta vaksin sehari kepada masyarakat.

Danlantamal VIII juga menyampaikan bahwa selain di desa pesisir TNI AL juga menyiapkan KAL Tedong Selar II-VIII-28, untuk menyasar para nelayan yang tidak sempat ke darat. "Jadi kita menjemput bola dengan menyiapkan  kapal untuk nelayan yang sedang melaut dan ketika mereka lewat dekat kapal kita langsung diarahkan untuk naik ke kapal selanjutnya divaksin, ujar Danlantamal VIII.

Lebih lanjut Danlantamal VIII menambahkan bahwa selain di desa-desa pesisir, serbuan vaksinasi ini juga dilakukan di Pelabuhan Samudra Bitung, yang pelaksanannya selama dua hari dengan target 2000 dosis vaksin.

Danlantamal VIII berharap dengan adanya serbuan vaksinasi ini akan mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Danlantamal VIII juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di Kecamatan Likupang Barat ini untuk tetap menjaga protokol kesehatan meskipun sudah divaksin.

Turut mendampingi Danlantamal VIII saat peninjauan antara lain Aspotmar Danlantamal VIII, Kadispotmar Lantamal VIII, Kadiskes Lantamal VIII dan Paban Spotmar Lantamal VIII.

Cleen 

No comments

Powered by Blogger.