Header Ads


 

Lantamal VIII Gelar Pembukaan Pelatihan Hukum Laut Internasional

Manado, MediaSulut.Com - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII menggelar pelatihan hukum laut internasional. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Yos Sudarso, Markas Komando Lantamal VIII Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Paal Dua, Manado. Senin (21/6).

Pelatihan yang diselenggarakan selama lima hari tersebut dibuka Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.Si., (Han)., CHMRP.,  M.Tr.Opsla, dalam suatu acara pembukaan mewakil Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA.

Danlantamal VIII dalam sambutan tertulis yang di bacakan  Wadan Lantamal VIII antara lain mengatakan, bahwa dalam melaksanakan tugas penegakkan hukum di laut, TNI AL senantiasa bertindak dan berpedoman pada hukum nasional dan hukum internasional. Hukum laut internasional diadakan untuk mengatur dan mengurangi konflik antara para pengguna laut baik itu negara pantai, negara pengguna maupun pengguna.

Lebih lanjut Danlantamal VIII menyampaikan sebagai aparat penegak hukum di laut maka Perwira TNI AL dalam melaksanakan tugasnya dituntut selain mengerti dan memahami hukum nasional, dituntut juga untuk memahami ketentuan hukum internasional khususnya yang terkait dengan hukum laut.

Bersamaan dengan timbulnya permasalahan atau konflik terkait dengan aspek laut internasional yang melibatkan TNI AL serta untuk menjawab tantangan tugas ke depan maka diperlukan kemampuan personel yang mampu dan handal membantu menyelesaikan setiap permasalahan hukum di laut.

Terkait dengan hal ini pemimpin TNI AL memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan perwira yang profesional dan memiliki kemampuan serta wawasan yang luas dalam bidang hukum laut internasional. Untuk mencapai tujuan tersebut TNI AL menjalin kerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) melalui Pusat Studi Hukum Laut Internasional untuk mengadakan kegiatan ini, ujar Danlantamal VIII.

Pada bagian akhir sambutannya Danlantamal VIII mengajak seluruh peserta pelatihan untuk memanfaatkan waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya, materi yang disampaikan oleh dosen dan narasumber agar diperhatikan, dicerna dan dipahami serta diaplikasikan dalam  penugasan sehari-hari. Danlantamal VIII juga berharap kepada seluruh peserta agat ikut berdiskusi interaktif secara tuntas utamanya mengenai kasus-kasus yang menonjol.

Pelatihan hukum yang terlaksana berkat kerjasama antara Lantamal VIII, Dikumal dan Universitas Sam Ratulangi Manado diikuti perserta dari Mako Lantamal VIII, Satuan Kapal Patroli Lantamal VIII, Perwakilan Lanal-Lanal  serta Posal Jajaran Lantamal VIII. 

Turut hadir pada pembukaan pelatihan tersebut diantaranya Dekan Fakultas Hukum Unsrat, DR. Flora Pricilia Kalalo, S.H., M.H., Sekdiskumal Kolonel Laut (KH) Ismu Edy A., S.H., M.H., Para Asisten Danlantamal VIII, Kakuwil dan Komandan Satrol Lantamal VIII.

Cleen 

No comments

Powered by Blogger.