Ketua DPR RI Kunjungi Kampung Bahari Nusantara Lantamal VIII Desa Talise

Minahasa Utara, MediaSulut.Com - Komandan Pangkalan Utama (Lantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya S.E., CFrA, mendampingi Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani S.I. Kom. bersama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey S.E., dan para Pemimpin Daerah wilayah Sulawesi Utara mengunjungi Desa Talise Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. Minggu (6/6)

Desa Talise merupakan desa binaan Lantamal VIII yang belum lama diresmikan menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut. Pada kesempatan tersebut Danlantamal VIII menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kunjungan dan perhatian dari Ketua DPR RI serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan berharap melalui kegiatan tersebut Desa Talise bisa mendapatkan perhatian lebih baik dari Pemda Sulut maupun Pemerintah Pusat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang.

Pada lawatan kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara, bertempat di Pos KBN TNI Angkatan Laut Talise Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan bantuan 950 paket Sembako kepada masyarakat Desa Talise.  Selain itu cucu proklamator itu juga ingin melihat secara langsung kondisi berbagai sarana publik dan permasalahan yang dialami masyarakat setempat. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan masyarakat setempat, sejumlah warga menyampaikan harapannya mengenai peningkatan infrastruktur, listrik, perahu penangkap ikan, sekolah, dan layanan kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Puan berjanji akan menyampaikannya kepada kepala daerah untuk dicarikan solusinya. Puan ingin warga di Pulau Talise mendapat akses dan kesempatan yang sama untuk maju seperti warga di daerah lain. "Yang pasti, pemerintah Provinsi Sulut dan Kabupaten Minahasa Utara merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat, selalu hadir ditengah masyarakat terlebih masa Pandemi Covid-19 saat ini," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sulut dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Ketua DPR RI ke wilayah kepulauan Talise. Ia menyampaikan bahwa pemerintah daerah terus mengupayakan memenuhi harapan seluruh warga. Olly juga mengatakan bahwa ia telah berkomunikasi dengan Ketua DPR RI bersama Komisi IX DPR RI untuk memenuhi vaksinasi di Desa Talise pada masa pandemi Covid-19. Untuk kebutuhan listrik kami usahakan genset dari PLN. Pembangunan jalan juga sudah dianggarkan, dan sekolah-sekolah nanti kita bereskan,” kata Olly.

Dalam rangkaian kunjungan Ketua DPR RI dan rombongan VVIP tersebut, Lantamal VIII melaksanakan pengamanan laut, patroli dan sterilisasi perairan Talise dengan menurunkan 3 unit KAL, 1 Sea Rider, 1 regu Prajurit Lantamal VIII dan 1 regu Prajurit Yonmarhanlan VIII Bitung dan unsur lainnya. 

Cleen 

Lebih baru Lebih lama