Jelang Lebaran Danlantamal VIII Pantau Pelabuhan Manado

Manado, MediaSulut.Com - Menjelang perayaan lebaran Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., melakukan pemantauan di Pelabuhan Manado. Selasa (11/5).

Pemantauan tersebut dilakukan untuk melihat langsung keberadaan kapal serta situasi penumpang antar pulau sejak pemberlakuan  larangan mudik dari pemerintah sekaligus memberikan rasa aman kepada masyarakat pengguna laut yang berangkat dari Pelabuhan Manado.

Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka pengawasan terhadap larangan mudik yang diberlakukan pemerintah sejak 6-17 Mei 2021. 

Ditambahkan Danlantamal VIII bahwa mudik tetap dilarang kecuali transportasi antar pulau yang pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti saat ini terlihat kapasitas penumpang kapal hanya sekitar 25 persen, ujar Danlantamal VIII.

Danlantamal VIII menegaskan bahwa di bulan Ramadhan dan Idul Fitri, TNI AL dalam hal ini Lantamal VIII beserta jajarannya tetap meningkatkan operasi pengamanan laut untuk memberikan rasa aman kepada semua masyarakat pengguna laut.

Sementara itu Kepala Kepala Kesyabandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado Capten Mozes Karaeng memberikan apresiasi atas kepedulian kepada Danlantamal VIII yang turun langsung mengawasi Pelabuhan Manado sejak pemberlakuan larangan mudik.

Senada dengan Danlantamal VIII Kepala KSOP Manado menyampaikan bahwa tidak ada pemudik yang ada hanya transportasi antar pulau rutin dengan pelayanan terbatas, karena kalau tidak ada transportasi ini akan berpengaruh terhadap ekonomi di daerah kabupaten.

Kepala KSOP menambahkan bahwa pengawasan terhadap penumpang kapal dilakukan sangat ketat itu tergambar pada pagi hari terlihat aparat TNI-Polri malah lebih banyak dari penumpang, ujarnya.

Turut mendampingi Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut, Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.Si., (Han)., CHMRP., M.Tr.Opsla, Para Asisten Danlantamal VIII, serta Danpom Lantamal VIII.

Cleen 

Lebih baru Lebih lama