Header Ads


 

Danlantamal VIII Tandatangani Prasasti Transplantasi Terumbu Karang DI Tahuna

Tahuna, MediaSulut.Com - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA didampingi Ketua Kordinator Cabang (Korcab) VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Tirta Wayan Ariwijaya menandatangani prasasti transpalasi terumbu karang bertempat di Jl. Boulevard Kel. Sawang Bendar Kec. Tahuna Kab. Kepulauan Sangihe. Kamis (25/3).

Kegiatan penandatanganan prasasti tersebut dirangkai dalam kegiatan memperingati Hari Air Sedunia ke-29, yang dilaksanakan disalah satu pangkalan jajaran Lantamal VIII yakni Lanal Tahuna bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kepulauan Sangihe. 

Kegiatan transplantasi terumbu karang yang dihadiri antara lain Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kajari Kepulauan Sangihe, Danlanal Tahuna, Dandim 1301 Sangihe, Kapolres Kepulauan Sangihe bertemakan tema kegiatan “Bersama membangun potensi alam bawah air Laut Sangihe” 

Dalam sambutannya, Danlantamal menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program Muara Pantai Laut Sehat (Mapalus) Lantamal VIII Manado, dalam hal ini bertujuan untuk menjadikan muara pantai laut yang sehat, salah satunya melalui penanaman terumbu karang atau transplantasi terumbu karang yang rusak atau menciptakan habitat baru. Serta pengenalan langsung kepada masyarakat Kepulauan Sangihe untuk melestarikan transplantasi terumbu karang sedari dini.

Dengan menjaga ekosistem laut secara bijaksana dan berkelanjutan yang sesuai dengan prinsip budaya lokal dan dipadankan dengan ilmu teknologi diharapkan mampu menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan biota laut yang yang terkandung di sekitarnya, ujar Danlantamal VIII.

Usai menyampaikan sambutan, Danlantamal mendapat kehormatan untuk menandatangani prasasti transplantasi terumbu karang dan menyerahkan substrat kepada perwakilan peserta penyelam yang nantinya akan ditanam dalam pelestarian terumbu karang di Kepulauan Sangihe. 

Rangkaian kegiatan tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja Danlantamal VIII ke Kepulauan Sangihe. Turut dalam rombongan kunjungan kerja tersebut antara lain Aspotmar dan Aslog Danlantamal VIII, Pengurus Jalasenastri Korcab VIII DJA II.

Cleen

No comments

Powered by Blogger.