Header Ads

Duo Doktor, Paruntu dan Prambandari Komitmen Bersama Perangi Sampah


Paruntu dan Prambandari Komitmen Bersama Perangi Sampah
Minahasa Selatan, MediaSulut.Com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan bersinergi dengan Balai Taman Nasional Bunaken dalam komitmen bersama dengan masyarakat pesisir Kecamatan Tatapaan untuk memerangi sampah plastik yang akan mencemari pesisir dan laut teluk Amurang sebagai penyangga Taman Nasional Bunaken dalam kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Desa Arakan pada Senin (04/03/2019)

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Dr. Fariana Prambandari dalam upaya merubah mindset masyarakat untuk cinta lingkungan menyampaikan bahwa Peringatan Hari Sampah Nasional tahun 2019 mengambil tema "Gerakan Indonesia Bersih" dengan subtema "Kelola Sampah, Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai."

Paruntu dan Prambandari Komitmen Bersama Perangi Sampah
"Gerakan Indonesia bersih merupakan salah satu komponen dari gerakan revolusi mental sebagaimana instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2016," ucapnya.

Lanjut paparannya "Gerakan Indonesia bersih mencakup peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja dan komunitas. Peningkatan sinergi penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang perilaku hidup bersih dan sehat. Pengembangan sistem pengelolaan sampah yang holistik dan terintegrasi termasuk kali, pantai, laut bersih, sarana dan prasarana pelayanan publik. Penyempurnaan peraturan perundang-undangan atau deregulasi. Pemberian kemudahan bagi perusahaan swasta lembaga yang melakukan pengelolaan sampah. Mengutamakan peran serta masyarakat di dalam menunjang perilaku bersih dan sehat serta Peningkatan penegakan hukum dibidang kebersihan dan kesehatan lingkungan."

Paruntu dan Prambandari Komitmen Bersama Perangi Sampah
"Akan menjadikan desa Arakan dan desa sekitar menjadi contoh dalam pengelolaan sampah," tutup Dr. Fariana Prambandari.

Senada dengan Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Dr. Fariana Prambandari, Bupati Kab. Minahasa Selatan Dr. Christiany E. Paruntu, SE telah menginstruksikan kepada seluruh OPD untuk terlibat aktif dalam penanggulangan sampah plastik serta mengajak masyarakat Minsel terkhususnya masyarakat Desa Arakan agar peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di laut  dan lingkungan  tempat  tinggal agar kedepannya bisa mendapatkan adipura.

Paruntu dan Prambandari Komitmen Bersama Perangi Sampah
"Mari Kita sukseskan Minahasa Selatan bersih untuk mendapatkan Adipura dan tidak mengunakan plastik sekali pakai ataupun stereofoam dan jangan membuangnya sembarangan melainkan buang pada tempat yang telah disediakan," ajak Bupati Kab. Minsel Dr. Christiany E. Paruntu, SE.

"Dalam membentuk revolusi mental agar hidup lebih baik lagi dengan menjaga lingkungan dan kiranya para orang tua, guru agar bisa mendidik anak-anak agar tidak membuang sampah sembarangan serta komitmen dari para hukumtua untuk siap mensukseskan Program Nasional bebas sampah," jelas Bupati Bupati Kab. Minsel Dr. Christiany E. Paruntu, SE.

Paruntu dan Prambandari Komitmen Bersama Perangi Sampah
Dalam peringatan HPSN tersebut Bupati membagikan buku tulis dan pensil kepada anak-anak sekolah kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lomba mengangkat sampah.

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Desa Arakan dihadiri juga oleh Caleg DPR RI Dapil Prov. Sulut Adrian Jopi Paruntu, Caleg DPRD Prov. Sulut Dapil Minsel-Mitra James Arthur Konyongian, Camat Tatapaan Melisa Aring, STTP Kapolsek Tumpaan AKP Duwi Gaih,SIK, Danposal Arakan Letda Laut Slamet Riyantono, Hukumtua Desa Arakan Musa Budiman.

Cleen

No comments

Powered by Blogger.