Header Ads

KPU Minsel Sukses Menyelenggarakan Pagelaran Seni dan Budaya

MINAHASA SELATAN, MediaSulut.Com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minsel Divisi Teknis Fanley Pangemanan,  Anggota KPU Divisi Umum, Keuangan dan Logistik Elsje Sumual, Divisi Hukum Dolvie J. A. Tutu, Divisi Perencanaan dan Data Rommy Sambuaga, Divisi SDM dan Parmas Lucky Kontu sukses dalam menyelenggarakan pagelaran seni dan budaya di Aula Century Amurang, Sabtu (21/4/2018)

Dalam Pagelaran Seni dan Budaya yang diselenggarakan oleh KPU Kab. Minsel dihadiri juga oleh Asisten I Handrie S. Sondakh, Panwas Winsi Kuhu, Ketua Nasdem John Rori, Ketua PKB Iskandar Eky, Sekretaris Golkar Freddy Rawis, Ketua KNPI Charles Umpel, PPK, PPS, Pantarlih, sangar, peserta seni dan budaya, staf KPU, dan dipadati oleh masyarakat Minsel.

“Hari ini KPU RI secara serentak di 415 Kabupaten dan 93 Kota pada 34 Provinsi melaksanakan kegiatan yang sama dalam rangka menyongsong satu tahun pemilihan umum serentak ditahun 2019, kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan kepada masyarakat, kepada semua stakeholder bahwa dengan melaksanakan kegiatan seni setidaknya masyarakat akan lebih paham dan mengerti tentang tahapan-tahapan yang sementara dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu. Terang Pangemanan.

Kegiatan pagelaran seni dan budaya adalah salah satu sarana untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan umum 2019, korelasi antara pagelaran seni dan budaya serta pemilihan umum itu dikandung maksud agar penyelenggara pemilu disemua tingkatan bersama-sama dengan pemilih yang ada di nusantara ini tidak melupakan kearifan lokal, karena dengan kearifan lokal, seni dan budaya yang dimiliki oleh setiap anak bangsa, oleh setiap daerah, setiap suku maka diharapkan juga kita semua sebagai pelaku, pencipta dan penikmat seni dan budaya bisa menjadi agen sosialisasi pemilu tahun 2019.

Manfaat langsung yang lain yang bisa diperoleh dari kegiatan ini  adalah kita semua bisa berekspresi, kita semua bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya dan mempertemukan satu sama lainnya dan kita semua bisa mengembangkan nilai-nilai dengan kearifan lokal khususnya di Kab. Minsel ini, inilah yang menjadi muatan-muatan KPU untuk mengerakkan dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih ditahun 2019. 

“Sambil terus menyampaikan kepada masyarakat bahwa tanggal 17 April 2018 s.d 17 Mei 2018 atau selama satu bulan teman-teman Pantarlih akan melakukan pendataan pemutakhhiran data pemilih dalam rangka pemilu 2019, kedepannya juga pada tanggal 4 Juni 2018 s.d 17 Juli 2018 akan menyongsong pendaftaraan legislatif," tukasnya.

Dalam Pagelaran tersebut bersama-sama menyanyikan Jingle Pemilu 2019, sosialisasi nomor urut 16 Parpol peserta Pemilu 2019 dan dimeriahkan dengan Musik Bambu Klarinet, Tarian Kabasaran, Cerita Rakyat Toar Lumimuut, Dance Katrili, Goyang Tobelo dan Doorprize yang memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat Minsel, untuk itu patut diapresiasi usaha dan kerja keras KPU Minsel dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menjadi pemilih berdaulat agar NKRI kuat.

Penulis: Cleen Pakasi

No comments

Powered by Blogger.