Pimpin Musrenbang, Lomban Prioritaskan Pembangunan Di Kota Bitung

BITUNGMediaSulut.Com -Bertempat di ruang rapat lantai IV Kantor Pemerintah Kota Bitung, Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE, MSi, Pimpin acara sekaligus membuka Musyawarah Perencaan Pembangunan (MUSRENBANG). pada rabu (05/04/17).

Dalam sambutannya, Lomban menyampaikan bahwa Musrenbang ini merupakan musyawarah tahunan untuk mematangkan rencana Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) berdasarkan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah (PD) yang dibahas pada forum Perangkat daerah yang kemudian diselaraskan dengan hasil Musrenbang kecamatan.

Lanjutnya lagi, Musrenbang ini merupakan suatu proses untuk memperkuat koordinasi dan komitmen segenap komponen pelaku pembangunan di kota Bitung untuk memusyawarahkan tentang program dan kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan pada tahun 2018, serta dapat memberikam masukan untuk penyempurnaan rancangan RKPD Kota Bitung tahun 2018 yang memuat prioritas pembangunan daerah.

“Saya mengundang seluruh komponen pelaku pembangunan di kota Bitung untuk secara bersama-sama dapat merumuskan dan menyepakati apa yang tebaik untuk kita laksanakan dalam menjawab kebutuhan pembangunan kota Bitung dan peningkatan taraf hidup masyarakat agar semakin dapat hidup lebih sejahtera.” Jelas Lomban.

Adapun Prioritas Pembangunan Daerah Kota Bitung Tahun 2018 adalah : Pembangunan Pendidikan, Pembangunan Kesehatan, Pembangunan Infrastruktur Dasar, Pengembangan Pariwisata, Peningkatan Ekonomi dan Investasi, Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran, Ketahanan Pangan (pertanian kota,perkebunan,kelautan dan perikanan), Penanggulangan dan Mitigasi Bencana serta Pengelolaan Lingkungan yang berkelanjutan, Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik.

Lomban menambahkan bahwa kedepannya akan berkolaborasi denga Kementrian PUPR, Kementrian Pariwisata, Kementrian Tata Ruang dan BPN, untuk menyiapkan Homestay yang representatife ramah lingkungan dan berstandar Internasional akan lebih membuat nyaman turis-turis mancanegara.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  (BAPPEDA) Kota Bitung.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Audy Pengemanan, Anggota DPRD Propinsi Sulut Denny Sumolang, DPRD kota Bitung Victor Tatanude, SH  , Jajaran Perangkat Daerah Pemerintah kota Bitung, Forkopimda.

Penulis : Bill Turang

Lebih baru Lebih lama