Header Ads

Investor Cina Pilih Sulut Berinvestasi di Sektor Perikanan

Jerry Lumele, MBA (kiri) bersama beberapa investor Cina. 
MANADO, MediaSulut.Com - Seiring dengan persiapan Sulawesi Utara (Sulut) memasuki babak baru di sektor Pariwisata Dunia, tak kalah menunjang lagi sektor perikanan yang jadi incaran investor Negara Cina. Hal itu terbukti dengan kedatangan enam investor ke kota Manado yang digalang oleh Laksamana Madya. DR. Desi Albert Mamahit, MSc mantan BAKAMLA RI pertama dan Jerry Lumele, MBA salah satu pemerhati Sulut di sektor perikanan.

Menurut Lumele, mendatangkan investor ke Sulut untuk menunjang sektor perikanan, merupakan hal yang sangat pihaknya banggakan, karena jika investor berinvestasi di daerah ini, pastinya Sulut akan maju pesat.

"Saya inginkan Sulut menjadi provinsi yang maju di sektor manapun. Namun saya sekarang ini lebih mengutamakan investor berinvestasi di sektor perikanan. Apalagi investor Cina ini, sudah melakukan survey dibeberapa tempat di Sulut dan merekapun siap berinvestasi, karena menurut mereka Sulut punya potensi ikan yang sangat diperhitungkan,"jelas Lumele salah satu putra Sulut yang telah sukses di Jakarta itu.

Lanjutnya, investor Cina ini sudah siap berinvestasi, tinggal bagaimana kedepan untuk terlebih dahulu menyiapkan baik peralatan maupun gedung tempat ikan dan gedung tempat Es yang akan dibangun nanti.

"Bukan hanya gedung yang akan mereka bangun, jika perlu akan dibangun pelabuhan maupun bandara baru agar transportasi baik laut dan udara agar tidak terhambat di transportasi nanti. Yang pasti, di Sulut akan tercipta lapangan kerja yang besar untuk masyarakat Sulut dengan kedatangan investor Cina ini,"tandas Lumele baru-baru ini disalah Rumah Makan ternama di kota Manado.

Baca juga: Jadikan Sulut Wisata Dunia, Mamahit Undang Investor Cina

Sementara itu, Herry Lumentut Kordinator Wilayah (Korwil) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Pemberdayaan dan Pengawasan Pembangunan (LP3) Sulut bersama Alfrest Inkiriwang Kordinator Wilayah (Korwil) Bidang Investigasi LSM Forum Perjuangan Rakyat Indonesia (FPRI) Sulut meminta kepada pemerintah Kota dan Kabupaten untuk memberikan kemudahan bagi para investor dalam memberikan ijin.

Menurut Lumentut yang didampingi Inkiriwang, jika ada kemudahan dalam pengurusan ijin maka tentunya banyak investor yang akan masuk ke daerah bumi nyiur melambai.

”Kami minta bagi pemerintah agar kiranya memberikan kemudahan bagi investor yang akan mengurus ijin. Janganlah berbelit-belit dalam pengurusan ijin,” ujar Lumentut yang didampingi Inkiriwang, Sabtu (22/04/2017).

Menurut Lumentut, jika ada kemudahan dalam pemberian ijin oleh pemerintah baik Pemerintah Kota maupun Kabupaten maka iklim investasi di Sulut semakin maju bahkan tentunya menguntungkan daerah sebab perekrutan tenaga kerja akan bertambah banyak.

“Apalagi peluang pariwisata di Sulut semakin baik, termasuk menjadikan Manado sebagai pariwisata dunia. Jadi kami minta pengurusan ijin janganlah di persulit dan kami terus memantau soal pengurusan ijin bagi investor yang akan berinvestasi di daerah ini,” pungkas Lumentut.

Penulis: Redaksi

No comments

Powered by Blogger.