Header Ads

DenSu: OD Jangan Sampai Terjebak

Denny H Sumolang Anggota Komisi I DPRD Sulut. 
MANADO, MediaSulut.Com - Apa yang menjadi tujuan dari Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyertaan Modal dari PT Membangun Sulut Hebat Perseroda Komisi I DPRD Provisi Sulawesi Utara (Sulut) sangat mendukungnya, hanya saja ada hal-hal yang perlu diperinci kembali dalam ranperda tersebut terkait aturan-aturan perundang-undangannya. Demikian dikatakan Anggota Komisi I DPRD Sulut, Danny H Sumolang Senin (27/02/2017).

Menurutnya, penyertaan modal yang diberikan oleh pemerintah sebesar Rp 100 Milyar bukanlah merupakan sebuah nilai yang kecil, apalagi penyertaan modal ini berasal dari kas negara, dimana sementara ini pemerintah sedang giat-giatnya melakukan efisiensi anggaran.

"Penyertaan modal yang sekira Rp 100 Milyar ini bukanlah sebuah angka yang kecil. Penyertaan modal ini juga kan dari kas negara, dimana pemerintah sementara melakukan efisiensi anggaran sehingga nilai Rp 100 milyar ini cukup besar," ungkap Densu nama akrab Sumolang.

Yang menjadi persoalan kedepan menurut Sumolang adalah, apakah nantinya PT Membangun Sulut Hebat Perseroda ini bisa bertanggung jawab dengan modal yang akan disetorkan dari APBD, mengingat pengalaman selama ini BUMD selalu tidak bisa mempertanggungjawabkan.

"Kedepan, apakah nanti PT Membangun Sulut Hebat Perseroda ini bisa bertanggung jawab dengan modal yang akan disetorkan dari APBD. Karena, yang menjadi pengalaman selama ini, BUMD daerah itu selalu tidak bisa bertanggung jawab. Seperti BUMD yang lalu sebelum ada PT Membangun sulut Hebat ini," jelasnya.

Maka dari itu dirinya mengatakan bahwa pihaknya sangat konsen dan kritis jika berbicara mengenai penyertaan modal ini.

Lebih lanjut, Sumolang juga meminta kepada Gubernur Sulut, Olly Dondokambey agar jangan sampai salah dalam memilih para direksi yang akan duduk dalam PT. Membangun Sulut Hebat Perseroda, dan juga jangan sampai terjebak dengan kinerja dengan orang-orang yang tidak bisa bertanggung jawab lewat penyertaan modal itu.

“Jangan sampai bapak Gubernur terjebak dengan kinerja dengan orang-orang yang tidak bisa bertanggung jawab lewat penyertaan modal itu,” harapnya.

Selain itu, Sumolang juga mengingatkan jangan sampai pembentukan direksi PT Membangun Sulut Hebat ini justru menjadi blunder.

“Kami juga harus sampaikan agar supaya jangan sampai pembentukan direksi PT Membangun Sulut Hebat ini justru menjadi blunder, karena disatu sisi bisa menjebak gubernur lewat kinerja yang tidak maksimal. Makanya ini penting, dan kami juga berharap kedepan karena pengelolaan KEK ini sangat berhubungan langsung dengan keberadaan dari PT Membangun Sulut Hebat,” pungkasnya.

Penulis: Ferlyando Sandala

No comments

Powered by Blogger.