Header Ads

Pemprov Alokasi Dana Rp 25 M Beli Eceng Gondok


MINAHASA, MediaSulut.Com - Tahun 2017 eceng gondok di Danau Tondano (Daton) mulai dibersihkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa guna dijadikan sarana Objek Wisata.

Demikian hal tersebut disampaikan Bupati Minahasa, Jantje Wowiling Sajow (JWS) saat memberikan prakata pada pembukaan "Minahasa Expo" di halaman parkir Stadion Maesa Tondano, Minahasa, pada Senin (31/10/2016) lalu.

Menurutnya, Pemkab Minahasa dan Pemprov Sulut masing-masing akan mendatangkan satu buah alat berat namun efisien secara bersama-sama mengeroyok eceng gondok di Daton untuk dijadikan objek wisata bagi wisata Mancanegara (wisman) serta masyarakat Sulut dan sekitarnya

"Dua atau tiga bulan, Daton bersih dari eceng gondok apabila dikerjakan dengan alat berat," ungkap Sajow.

Selain itu, Pemkab Minahasa melalui JWS mengapresiasi Pemprov yang telah men-support sehingga infrastruktur berupa jalan kabupaten dan jalan propinsi telah diperlebar dan kini hampir rampung.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandow disaat yang sama dalam sambutannya mengiyakan pengadaan alat berat tersebut dengan menganggarkan dana puluhan milyar rupiah.

"Selain alat berat Pemprov siap mengalokasikan dana sebesar Rp 25 milyar untuk membeli eceng gondok yang sudah jadi pupuk organik," ungkap Kandow.

Ditambahkannya, Pemkab dan masyarakat Minahasa secara bersama-sama akan mendapat keuntungan dalam merevitalisasi Danau Tondano.

Penulis Vendry Karamoy

No comments

Powered by Blogger.