Header Ads

Hillary Kampanye di Iowa, Trump di New Hamphire

AMERIKA SERIKAT, MediaSulut,Com - Pertarungan kandidat presiden Amerika Serikat (AS) masih berlangsung. Donald Trump dan Hillary Clinton Kamis (29/9/2016) berkampanye di negara bagian-negara bagian untuk mencari dukungan warga agar bisa melangkah ke Gedung putih pada pemilihan November mendatang.


Kandidat partai Republik Donald Trump
sebelumnya berkampanye di Kota Chicago, Rabu (28/9/2016). Di kota Obama tersebut Trump berbicara di depan organisasi warga Amerika asal Polandia. Dia berjanji jika terpilih, Amerika akan menjadi teman sejati Polandia. Dia juga membandingkan kampanyenya pada apa yang disebut suara pemilih "Brexit" yang membawa Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Trump menegaskan sekarang mereka memanggil saya 'Pak Brexit'. Karena dalam satu bentuk kita sangat mirip dengan apa yang terjadi di sana. "Kita menginginkan kemerdekaan kita kembali, ingin kebebasan kita kembali. Kita tidak ingin menampung orang yang tidak kita kehendaki. Kita tidak ingin menampung orang ke negara kita yang mungkin memiliki niat sangat buruk," terang dia.
Sementara, musuh bebuyutannya Hillary Clinton berkampanye negara bagian di New Hampshire. Hillary sendiri didampingi rivalnya saat memperebutkan tiket Partai Demokarat yakni Senator Vermont Bernie Sanders, mengatakan di depan kerumunan mahasiswa, bahwa hasil pemilu akan berkumandang selama beberapa dasawarsa.
"40 hari ke depan akan menentukan 40 tahun mendatang. Jadi saya akan menyelesaikan kampanye saya dalam bentuk saya memulai pelayanan publik dan karir saya, berjuang untuk anak-anak dan keluarga, yang menjadi tujuan hidup saya dan akan menjadi misi kepresidenan saya," kata Clinton.
Sementara hari Kamis (29/9/2016) ini, Trump berkampanye di New Hampshire dan Clinton di Iowa, dua negara bagian yang memainkan peran besar sebagai dua negara bagian pertama yang menentukan dalam proses pencalonan partai yang dimulai delapan bulan lalu, tapi tidak memiliki pengaruh besar pada hasil pemilu tanggal 8 November.
Electoral college akan sangat menetukan selain people power maka parlement power juga tak kalah penting. Ini memberikan bobot lebih pada pemilihan presiden untuk negara bagian-negara bagian yang lebih padat penduduknya seperti Michigan, di mana Trump akan ke sana hari Jumat, dan Florida, di mana Clinton dijadwalkan mengadakan kampanye juga Jumat ini.
Michigan mempunyai 16 electoral college dan Florida 29, dan 10 untuk gabungan Iowa dan New Hampshire.

Laporan Jerry Massie dari Amerika Serikat

No comments

Powered by Blogger.