Header Ads

Prancis Siap Rebut Gelar ke-3 Piala Eropah


Catatan: Jerry Massie

MediaSulut.com - Tuan rumah Prancis akhirnya menyingkirkan tim calon juara Jerman 2-0 dalam semifinal Euro Kamis (07/6/2016) di Stadion Stade de France. Laga tadi malam terbilang sarat gengsi. Betapa tidak, Jerman sebelumnya tidak pernah takluk ditangan Prancis, namun akhirnya harus mengakui keperkasaan Prancis lewat dua gol yang diborong Antoine Griezmann.

Gol pertama tercipta di menit ke 45 lewat eksekusi pinalti. Sementara gol kedua tercipta di menit ke 72 lewat kemelut di dalam kotak pinalti Jerman. Dengan demikian Prancis akan menantang Portugal di babak Final EURO 2016. Sebelumnya Ronaldo dan rekam-rekannya menghancurkan tim Kuda hitam Wales 2-0. Prancis sensors dalam Laga final nanti diuntungkan dengan tidak tampilnya pemain anyarPortugal Pepe.

Kali ini Portugal tampil percaya diri dan all out, kendati mereka di fase group 3 kali bermain imbang. Berbeda dengan torehan Prancis yang cukup baik rekornya. Dari data statistik, Portugal masih kalah dengan Prancis Dimana Portugal hanya sekali masuk final dan 4 kali semifinalis. Berbeda dengan Prancis yang sudah dua kali merengkuh tropi piala Eropah.

Kedua negara tersebut secara keseluruhan sudah 24 kali bertemu dalam semua ajang kompetisi dan laga persahabatan. Akan tetapi, tim asuhan Didier Deschamps masih unggul head to head yakni dengan 18 diantaranya berakhir dengan kemenangan Le Bleus, serta hanya lima untuk Portugal dan satu draw.

Dari 24 kali pertemuan sepanjang sejarah tersebut, hanya tiga berlangsung di laga kompetitif, yakni Euro 1984, Euro 2000, dan Piala Dunia 2006. Ketiganya dimenangkan oleh Prancis.

Le Bleus menang 3-2 atas Portugal pada Euro 1984 setelah babak extra time, dengan dua gol dari J Domergue, serta satu dari Michel Platini. Final Prancis  kemudian mengalahkan tim Matador Spanyol 2-0, berkat gol Platini dan Bellone.

Sementara,  Zidane pada perehelatan Euro tahun 2000 menjadi penyelamat dengan tendangan dari titik penalti di menit 117 yang mengubah skor menjadi 2-1 dan mereka lolos ke final serta menang 2-1 lagi guna merebut trofi Kejuaraan Eropa tahun 2000.

Begitu pula pada piala Dunia tahun 2006, Zinedine Zidane kembali menjadi pahlawan saat melawan Portugal dengan gol tendangan penaltinya di menit 33, mengakhir skor 1-0 di partai semi final. Pada final piala 2006 ini terjadi insider memalukan lantaran tandukan Zidane ke dada pemain Italia Marco Materazzi. Zidane dikartumerah dan Prancis kalah dalam adu penalti.

Usai kemenangan Prancis atas Jerman di semi final tadi malam, maka Prancis akan menantang Portugal di final Euro 2016. Jika Prancis menjadi juara, mereka dipastikan akan merebut pencetak gol terbanyak yang saat ini masih dipegang Griezzman dengan torehan 6 gol. Diprediksi akan Sulit dikejar. Sedangkan Christiano Ronaldo baru menggemas 3 gol.



No comments

Powered by Blogger.