Header Ads

Menanti Duel Bale dan Ronaldo di Semifinal Piala Eropah 2016


Catatan : Jerry Massie

Usai lolos ke babak semifinal piala Eropah 2016, salah satu tim Britania Raya Wales, mencoba peruntungan saat bentrok lawan timnya Christiano Ronaldo yakni Portugal Senin (07/6/2016). Dari 3 negara Britania hanya Wales yang bertahan. Tiga negara sudah angka koper duluan. Irlandia Utara tak bisa melanjutkan ke babak selanjutnya usai tersingkir. Begitu pula tim unggulan Inggris yang berjuluk " The Three Lions" gagal total. Buntut dari kegagalan ini, sang pelatih Roy Hodgson pun memilih mundur melatih tim nasional.

Tim besutan Roy Hodgson ini takluk dari tim bukan unggulan atau tim gurem Islandia 2-1. Kekalahan ini sungguh memilukan. Pasalnya, Wayne Rooney dan rekan-rekan merupakan salah satu tim unggulan. Akibat kekalahan tersebut menggagalkan mereka melaju ke babak perempat final. Salah satu tim yang tak lolos adalah Skotlandia.

Kini, tinggal Wales yang berjuluk "Sang Naga" yang tersisa. Tim mantan penyerang handal di era 80-an Ian Rush tersebut melangkah kebabak semifinal usai menggebuk tim Belgia yang diperkuat Radja Nainggolan, Fellani . Rekor Wales tidaklah buruk. Mereka hanya kalah dari Inggris 1-2. Selanjutnya mereka mengahajar Rusia 3-0 dan menaklukan Irlandia Utara 1-0.

Sedangkan lawan mereka Portugal menang lawan Krosia 1-0, ditahan tanpa gol Honggaria 3-3. Tim besutan Fernando Santos tak akan menyia-nyiakan kesempatan emas. Dan mereka lolos ke semifinal berkat kemenangan 5-3 atas Polandia lewat adu pinalti.

Wales dan Portugal sebelumnya belum pernah bersua dalam ajang piala Eropah. Keduanya pernah 3 kali bertemu namun dalam laga uji coba.

Sementara, bagi Wales ini adalah prestasi tertinggi mereka di piala Eropah. Melawan Portugal, Gareth Bale harus ekstra  kerja keras. Lantaran Ronaldo dan Pepe saat ini lagi on fire. Bukan tidak mungkin mereka akan tergusur oleh Portugal. Prestasi tertinggi Wales hanya pada piala dunia 1958 yang lolos ke perempat final. Sedangkan pencapaian tertinggi Portugal dalam ajang piala Eropah yakni runner up tahun 2004 saat menjadi tuan rumah.

Pertarungan Kali ini akan menarik. Pasalnya duet andalan Real Madrid akan saling bentrok. Siapakah yang bakal menang Bale ataukah Ronaldo?

No comments

Powered by Blogger.