Lantamal VIII Gelar Bersih-Bersih Sungai


Manado, MediaSulut.Com - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII, menggelar kegiatan bersih-bersih sungai dalam rangka menjaga kebersihan sungai dan pemukiman warga sepanjang bantaran sungai serta meminimalisir dampak banjir akibar curah hujan yang cukup tinggi. Jumat (16/6).


Kegiatan yang dipusatkan di Daerah Aliran Sungai yang berada di Kecamatan Tuminting dan Kelurahan Bailang tersebut dipimpin langsung Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas.


Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kepedulian warga masyarakat terhadap kebersihan sungai sebagai sumber kehidupan yang harus dijaga dan dilestarikan.

Lebih lanjut Danlantamal VIII menyampaikan, kegiatan yang bertemakan "Bersih Sungainya, Lestari Alamnya, Sehat Lingkungannya" merupakan upaya memotivasi serta menumbuhkan kembali kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kepedulian lingkungan khususnya sungai, karena lingkungan yang tidak bersih selain tidak elok dilihat juga dapat berdampak kurang sehat bagi masyarakat sekitarnya.


Sungai yang bersih dan bebas dari sampah diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas air khususnya di sepanjang bantaran sungai. Kegiatan ini membuat kita sadar akan tanggungbjawab bersama dan selalu menjaga kebersihan lingkungan agar di daerah aliran sungai terjaga kebersihannya dan tetap sehat, ujar Danlantamal VIII.

Dalam kegiatan Bersih-bersih sungai yang dibagi menjadi empat titik pembersihan sepanjang bantaran sungai tersebut Lantamal VIII melibatkan 300 personel terdiri dari militer dan Pegawai Negeri Sipil, Balai Wilayah Sungai I Sulawesi Utara 50 orang dan masyarakat sekitar bantaran sungai 50 orang.


Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Endra Sulistiyono, S.E., M.M., Para Asisten Danlantamal VIII, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja Lantamal VIII dan Kepala Balai Wilayah Sungai I Sulawesi Utara Ir. Bastari M.Eng.

Cleen

Lebih baru Lebih lama