Danlantamal VIII Serahkan Hewan Kurban


Manado, MediaSulut.Com - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada panitia peringatan Idul Adha 1441 H Lantamal VIII. Penyerahan tersebut berlangsung di Halaman Masjid Amirul Bahri Markas Komando Lantamal VIII Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru Paal Dua, Manado. Jumat (31/7).


Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa ibadah kurban memiliki tiga makna yaitu makna ketaqwaan manusia atas perintah Sang Khalik. Kurban adalah simbol penyerahan diri manusia secara utuh kepada Sang Pencipta. Makna sosial, dimana Nabi Muhammad melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki, namun tidak menunaikan perintah kurban. Dalam konteks ini Nabi bermaksud mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas terhadap sesama.

Selanjutnya makna ketiga menurut Danlantamal VIII yaitu penyembelihan hewan kurban disamping menunaikan suatu perintah dalam syariat agama Islam, juga memberikan pesan moral yang baik. Hal ini merupakan salah satu upaya menghilangkan kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin, yang pada akhirnya kedua golongan ini akan hidup berdampingan saling tolong menolong dalam kehidupan bermasyarakat dengan penuh kedamaian dan nuansa persaudaraan.


Diakhir sambutannya, Danlantamal VIII menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E., dan seluruh warga Komplek TNI AL yang berada di Mako Lantamal VIII yang telah menyumbangkan hewan kurban kepada panitia kurban Lantamal VIII.

Panitia peringatan Idul Adha 1441 H Lantamal VIII berhasil mengumpulkan hewan kurban sumbangan dari Gubernur Sulawesi Utara dan Danlantamal VIII masing-masing satu ekor sapi, serta warga Komplek TNI AL yang berada di lingkungan Mako Lantamal VIII menyumbang tiga ekor sapi dan satu ekor kambing. Setelah disembelih daging kurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada seluruh anggota Lantamal VIII serta masyarakat yang berada disekitar komplek Mako Lantamal VIII.


Pada kesempatan tersebut Danlantamal VIII didampingi Wadan Lantamal VIII dan Para Asisten Danlantamal VIII berkesempatan menyaksikan proses penyebelihan hewan kurban yang berhasil dikumpulkan panitia perayaan Idul Adha 1441 H Lantamal VIII.

Cleen
Lebih baru Lebih lama