SSK Srikandi Muda Kreatif, Optimalkan Potensi Daerah Untuk Bangun Kota Manado

 SSK Srikandi Muda Kreatif, Optimalkan Potensi Daerah Untuk Bangun Kota Manado
Sonya Selviana Kembuan kunjungi salah satu pasar di Kota Manado. 
MANADO, MediaSulut.Com - Pemilihan  Walikota (Pilwako) Kota Manado tidak lama lagi akan bergulir. Satu-satunya Srikandi yang sudah menyatakan diri untuk maju dalam Pilwako Kota Manado yakni Sonya Selviana Kembuan (SSK).

Perempuan kelahiran Manado 26 September 1965 ini, dikenal dengan sosok yang penuh dengan kreatifitas dan inovasi yang tinggi. 

Dengan Visi "Manado Kota Modern Yang Berbudaya", Sonya bertekad untuk membangun dan mensejahterakan warga Kota Manado kedepan.

Sonya mengungkapkan, dirinya merasa terpanggil untuk membangun dan lebih mensejahterakan warga Kota Manado.

"Tidak harus berharap melalui APBD atau dengan kata lain mencari income yang lain untuk mensejahterakan masyarakat, melalui inovasi-inovasi menggali dan memanfaatkan potensi Kota Manado diberbagai sektor dan bidang," ungkapnya baru-baru ini kepada sejumlah wartawan.

Lanjut dia, orang Manado terkenal dengan kultur budaya, orangnya yang ramah, serta toleran itu. Kota Manado perlunya kreatifitas modern tanpa mengesampingkan budaya, lingkungan serta pemberdayaan manusia, terlebih bagi para Lansia (lanjut usia) dan penduduk ekonomi bawah atau yang kurang mampu.

"Perlu adanya hal-hal kreatif yang sudah saya perhitungkan dan persiapkan, selain harus dari APBD, dan itu nantinya akan dikelola dan dipantau satu lembaga independen," terangnya.

Ia pun mencontohkan program pengelolaan kreatif tanpa harus bergantung kepada APBD seperti halnya, pemanfaatan potensi pada usaha (swasta) di Manado yang dinilai saling menghidupi secara sosial kemanusiaan.

"Misalnya dari hitung-hitungan dirinya, kalau dari 9.000-an lansia yang ada di Manado jika ditunjang dengan 1 Juta per bulan, berarti ada 9 Miliar. Dari pengalaman saya hitung-hitungan pendapatan kreatif (diluar APBD) juga dimanfaatkan melalui program teknologi modern yang secara terbuka juga bisa diakses/dilihat siapa saja," paparnya.

Ia menambahkan, jika dirinya dipercayakan atau diamanahkan rakyat untuk menjadi Walikota Manado kedepan, dirinya ingin menciptakan atau memanfaatkan transportasi laut dari pulau ke Kota Manado. 

"Potensi laut kita itu besar selain bisa menjadi objek pariwisata yang menghasilkan, juga memanfaatkannya untuk sisi sosial kemanusiaan, dengan bekerjasama dengan pihak ketiga pengusaha kapal. Jadi pelabuhan yang ada bisa menjadi akses sosial membantu orang sakit dari pulau Bunaken, Siladen dan lainnya," terang SSK lagi, sembari mengatakan, jika harus melalui darat keadaan macet kerumah sakit diberikan kemudahan menggunakan transportasi laut.

Selain itu, berbagai inovasi untuk membuat masyarakat dan pembangunan infrastruktur di Kota Manado kedepan semakin maju dan modern sebagai Ibu Kota Provinsi Sulut.

"Untuk lansia, saya juga akan memberikan hal program ekonomi kreatif bagi para kaum millenial  di Kota Manado, agar sebagai lulusan dalam pendidikan diperguruan tinggi nanti sudah siap diandalkan," tukas  Sonya.

Penulis: Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama