Pemkot Manado Lakukan Kerja Sama TPAS dengan Pemprov

MANADO, MediaSulut.Com - Pemerintah Kota Manado (Pemkot), bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan kerjasama terkait pembangunan dan pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS). Kerja sama ini dilakukan guna mengantisipasi volume sampah yang terjadi di Sulawesi Utara khususnya di Kota Manado, Penandatanganan kesepakatan tersebut dilaksanakan di ruang kerja Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Rabu (28/09/2016).

Dalam kesempatan ini Walikota Manado GS Vicky Lumentut berharap nantinya Manado dan daerah lainnya semakin bersih, lantaran pengelolaan sampah yang kian teratur.

"Ini berupa kesepakatan bersama tentang kerjasama pelayanan antar daerah terkait pengolahan dan pemrosesan akhir sampah. Semua daerah yakni kabupaten/kota, tentunya ingin melakukan yang terbaik guna bisa menjadikan wilayahnya bersih dan nyaman,” kata Walikota Manado.

Disamping itu Lumentut mengatakan saat ini pemerintah sedang membentuk image bahwa kebiasaan untuk mendapatkan penghargaan Adipura atas kebersihan suatu kota, itu bukanlah tujuan akhir tapi yang terpenting, kebersihan serta kesehatan warga masyarakat itu sendiri.

“Selama ini kita fokus mengejar Adipura, namun hal itu bukanlah segalanya dan bukan menjadi tujuan. Tetapi bagaimana kita menjadikan kota itu bersih dan sehat terlebih dahulu. Saya kira dengan demikian, maka Adipura juga akan ikut serta,” jelasnya.

Lumentut pun memuji langkah Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK) yang telah menfasilitasi pembangunan dan pengelolaan TPAS Bersama ini.

“Kami Pemkot Manado sangat mengapresiasi dan bangga atas pertemuan dan kegiatan inisiatif yang di lakukan pihak Pemprov Sulut ini, agar kedepan warga di daerah Nyiur Melambai Sulut boleh cerdas dan hebat tentunya kedepan dalam memelihara lingkungan yang bersih dan sehat," ujar dia.

Saat ini OD - SK dan GSVL - MOR terus mengkampanyekan soal kebersihan guna menunjang semua sektor khususnya pariwisata.

Penulis : Falen Logor
Lebih baru Lebih lama