Header Ads

Mantiri Gelar Panen Jagung dan Tanam Bawang

BITUNG, MediaSulut.Com -Berlokasi kecamatan Matuari tepatnya di Kelurahan Manembo-Nembo Atas pada kamis (09/03/2017) Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri melakukan panen jagung serta penanaman bawang merah. Saat melangsungkan kegiatan tersebut Mantiri didampingi Dandim 1310 Letkol. Inf. Deden Hendayana serta Kepala Dinas Pertanian Sonni Wenas juga para Kelompok Tani.

Lewat arahan Mantiri menjelaskan bahwa disampaikan kita tanam jagung, komoditi bawang merah juga sangat baik dan strategis sehingga dapat menguntungkan dan dikembangkan diatas lahan khususnya kecamatan Matuari, dimana dari hasil Plot atau Demplot yang dilakukan oleh Badan Penyulu Pertanian kecamatan Matuari, bahwa produksi dapat mencapai 6 hingga 8 ton per hektar. Sebagai contoh bila harga 1 Kg bawang merah Rp.50.000 maka pendapatan yang bisa diperoleh dalam 1  hektar tanaman bawang bisa mencapai Rp. 300.000.000 dengan nilai input biaya Rp.60.000.000.

Oleh karenanya Mantiri memotivasi para petani agar bertani dengan rajin tekun dan sabar, selain itu bisa memberdayakan lahan dan fasilitas yang ada. Lanjutnya memintakan agar memperhatikan dan menguasai musim tanam agar terhindar dari gagal panen, Tentunya hal ini kita harus terus berdoa kepada Tuhan agar mendapat berkat yang baik, Sambil berharap kedepan tidak adalagi lahan tidur di Kecamatan Matuari. "harap Mantiri.

Sementara, Dandim menapresiasi dan menyatakan siap bersama-sama pemkot untuk meningkatkan ketahanan pangan guna membantu para petani dalam meingkatkan hasil produksi pertanian.

Penulis : Bill T

No comments

Powered by Blogger.