Header Ads

Sampai Saat Ini Desa Maliku Dan Kotamenara Tidak Terdampak Erupsi Soputan



Minahasa Selatan MediaSulut.Com - Aktivitas masyarakat desa Kotamenara, Kecamatan Amurang Timur masih seperti biasanya sejak adanya peningkatan aktivitas Gunung Api Soputan sejak Sabtu hingga Senin dinihari (17/12/2018)

Camat Amurang Timur Vecky Sagay sekaligus menjabat sebagai PLT. Hukum Tua desa Kotamenara menyampaikan, "sampai saat ini Senin, 17/12/2018 pukul 09.00 Wita, situasi wilayah terdekat dengan aktivitas gunung Soputan dalam hal ini desa Kotamenara dan desa Maliku kondusif, dengan aktivitas masyarakat masih seperti biasa. Tidak terdampak kiriman abu vulkanik karena arah angin kearah Barat, namun menganjurkan kepada masyarakat untuk tetap tenang, berhati hati dan menyesuaikan dengan arahan dari tim yang telah terbentuk apabila ada indikasi dampak erupsi menuju langsung kearah desa Kotamenara," Jelasnya.


"Pantauan dilapangan telah terjadi hujan dengan intensitas sedang yang mengguyur wilayah Amurang Timur, termasuk wilayah desa Kotamenara dan desa Maliku. Posko bencana telah didirikan di desa  Kotamenara yang menjadi pusat penanganan bencana bersama oleh lintas sektor, saat ini Dinkes Minsel telah membagi bagikan masker kurang lebih 1000 pcs masker untuk masyarakat desa Kotamenara," pungkasnya.

Senada dengan hal tersebut Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo menyampaikan langkah  langkah penanganan bencana erupsi. “Kita melakukan kegiatan penyekatan terbatas untuk mencegah kegiatan masyarakat dalam radius 4 hingga 7 km dari titik puncak gunung Api Soputan. Telah didirikannya Posko Bencana di dua titik yaitu di wilayah Kecamatan Silian Raya, Minahasa Tenggara, dan desa Kotamenara, Kebupaten Minahasa Selatan. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan disarankan tidak beraktifitas di area Gunung Soputan,” Ungkap Kapolres.


Cleen

No comments

Powered by Blogger.