Header Ads

7 Destinasi Wisata Menakjuban di Sulut


MediaSulut.com - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) adalah satu dari 33 provinsi di Indonesia yang dianugerahi oleh sang pencipta keindahan alam yang mempesona. Tentu saja, dengan keindahan ini memikat hati bagi mereka yang berkunjung ke daerah paling ujung utara Pulau Sulawesi ini. Sejumlah tempat destinasi menarik seperti pantai, laut, waruga, goa adalah jawabanya. Bukan hanya keindahan alam saja, namun keramahan penduduknya pun sudah sangat dikenal. Berkat keramahan penduduknya itu hingga Sulut dijuluki "The Land of Smile".
Hal ini pun sudah diakui wisatawan manca negara saat mereka menikmati kuliner khas daerah ini. Kekayaan di 15 kabupaten mulai dari kekayaan biodiversitas, kultur eksotis yang tidak bisa dijumpai di daerah lain.
Pariwisata di Sulut mulai menggeliat beberapa tahun terakhir ini. Hal itu ditandai dengan semakin banyaknya penerbangan ke Bandara Sam Ratulangi mengangkut wisatawan. Berikut kami rangkum tujuh alasan mengapa anda harus berkunjung ke Sulut.

1. Surga Bawah Laut
Atraksi selam di bawah laut Sulut adalah salah satu magnet wisatawan mancanegara menyambangi provinsi ini. Tak hanya di Bunaken, bawah laut di pulau Lembeh Bitung, Pulau Bangka Minahasa Utara, Pulau Siau Sitaro, Pulau Sanger Sangihe bahkan hingga ke Bolaang Mongondow Selatan. Semuanya menjadi jaminan keindahan panorama bawah air.
Tak heran, berbagai kompetisi lomba foto bawah air kerap digelar di Sulut, seperti yang baru saja selesai Exotis Sitaro Underwater Photo Competition.
2. Bunaken
Siapa yang tak kenal Taman Laut Nasional Bunaken yang tersohor itu. Bahkan di beberapa publikasi luar negeri, Bunaken lebih dikenal daripada Sulut sendiri.
Inilah taman nasional laut pertama di Indonesia yang terletak di daerah segitiga terumbu karang dunia. Bunaken menyimpan kekayaan terumbu karang dan biota laut yang tiada tara.
3. Transportasi Mudah
Mengunjungi Sulut adalah sebuah kesenangan karena kemudahan akses. Tersedia penerbangan setiap hari dari kota-kota utama di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali dan kota-kota di Kalimantan, Papua serta kota-kota lain di Sulawesi.
Transportasi darat dan lautnya juga tersedia dengan rute yang beragam, untuk mengunjungi berbagai destinasi baik di darat maupun di kepulauan.
4. Penduduk Ramah
Banyak pelancong yang mengaku di Sulut mereka mendapat bonus kerabat baru di tanah yang diberkati ini. Itu karena orang Sulut sangat supel dan super ramah.
Di setiap perjalanan, anda akan menerima senyuman yang tulus dan tidak ada kesulitan apa pun untuk berinteraksi dengan penduduknya. Bahkan tawaran mampir ke rumah adalah jamak di provinsi ini.

5. Kuliner Khas
Tinutuan, klapertaart, nasi kuning, mi cakalang hanyalah sebagian dari kuliner Sulut yang sudah menasional. Nikmati masakan daerah itu di tempat asalnya dengan bahan-bahan alami yang tumbuh di tanah subur ini.
Cicipi pula menu ekstrem lainnya seperti daging paniki (kelelawar) dan tikus hutan. Dan jika anda yang tidak berpantang halal, tersedia beragam menu non halal yang bisa dijumpai di berbagai rumah makan.

6. Kaya Biodiversitas
Sulut adalah wilayah dengan kekayaan keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Provinsi ini dianugerahi berbagai satwa endemik yang unik seperti tarsius, monyet hitam sulawesi (yaki), kus-kus sulawesi, burung manguni dan ratusan jenis burung lainnya.
Pergilah ke Taman Nasional Bogani Nani Wartabone untuk melihat bagaimana burung maleo bertelur, atau kunjungi Taman Wisata Alam Batuputih, Tangkoko Bitung untuk melihat ratusan Yaki bermain dan bersenda gurau.

7. Akomodasi Melimpah
Jangan khawatir soal akomodasi. Di Sulut, khususnya di Manado tersedia berbagai tipe hotel dari mulai dari hotel berbintang 5 hingga ke budget hotel. Demikian pula cottage, resort, dan berbagai jenis penginapan dengan tawaran aneka tarif menginap.
Dengan beberapa keunggulan di atas, mengapa tidak memasukkan Sulut sebagai tujuan wisata anda? Ayo ke Sulut. 
Editor : Jerry Massie
Sumber : Kompas.com

No comments

Powered by Blogger.